Cara Memerah ASI yang Benar untuk Ibu yang Bekerja

Kembali bekerja sesudah cuti hamil bukanlah bermakna berhenti memberi ASI pada si Kecil. Ada ASI perah (ASIP) yang bisa diberi dengan bertahap. Bagaimana caranya melindungi kwalitas ASIP bisa tetaplah sesehat pemberian ASI dengan segera?

Cara Memerah ASI yang Benar untuk Ibu yang Bekerja

Air susu ibu perah atau ASIP diperoleh lewat cara memeras ASI dari payudara untuk lalu diletakkan dalam wadah-wadah untuk nanti diberi pada bayi. ASI perah biasanya diberi saat Anda ada berjauhan kurun waktu lama dari bayi, umpamanya waktu Anda pergi bekerja di kantor. Memeras ASI juga dibutuhkan waktu payudara Anda merasa penuh, tapi bayi Anda tengah tidak dengan bayi. ASI perah ini dapat juga digabung dengan makanan bayi untuk membuat lancar pencernaan. Seperti yang anda ketahui jika ASI itu sangat penting untuk tumbuh kembang bayi juga kecerdasannya namun selain ASI kepala peyang pada bayi juga dapat mempengaruhi IQ bayi anda, jadi anda sebagai orang tua harus mencegah perubahan bentuk kepala pada bayi dengan bantal olus pillow yang isiannya menggunakan kulit kacang hijau dan bermanfaat untuk mengurangi serta mencegah perubahan bentuk kepala pada bayi.

Pertanyaan Sekitar ASI Perah

Walau banyak menghadirkan faedah, tetapi ASIP masih tetap belum juga banyak diaplikasikan karna beberapa orang yang masih tetap bingung juga akan langkah pengelolaannya. Pada umumnya tersebut banyak hal yang masih tetap seringkali jadi pertanyaan :

Bagaimana caranya memerah ASI?

Biasanya Anda bisa memerah ASI dengan pompa maupun tangan. Ada dua jenis pompa ASI, yakni pompa manual serta pompa listrik. Pompa yang pas dengan satu orang belum juga pasti pas untuk orang yang lain, hingga tambah baik berusaha untuk temukan kecocokan.

Memeras ASI dengan tangan bisa dikerjakan dengan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Bersihkan tangan sampai bersih.
  2. Letakkan botol atau wadah yang sudah disterilkan dibagian bawah payudara untuk menyimpan ASI yang keluar.
  3. Pijat payudara dengan perlahan.
  4. Tempatkan jari-jari membuat huruf C di sekitaran areola atau sisi gelap di sekitaran puting. Tekan dengan perlahan, tetapi jauhi untuk menghimpit puting. Terkecuali menyebabkan nyeri, desakan pada puting malah bisa menghambat keluarnya ASI.
  5. Bebaskan desakan, lalu ulangilah kembali.

Bila aliran ASI telah mulai berhenti, pijat sisi beda sampai semua permukaan payudara sudah terpijat. Lalu kerjakan pada payudara yang satu sekali lagi. Demikian selanjutnya sampai ASI betul-betul berhenti mengalir serta payudara telah tidak merasa penuh. Awalannya memanglah cuma ada sedikit cairan ASI yang keluar, tetapi makin lama bila dikerjakan dengan teratur aliran ASI juga akan semakin lancar serta deras.

Sama dengan memberi ASI dengan segera, ibu yang memerah ASI membutuhkan bahan makanan sehat serta istirahat cukup supaya dapat memperoleh ASI dalam jumlah cukup.

Bagaimana caranya menaruh ASIP?

Perlu untuk meletakkan ASIP didalam botol kaca atau plastik yang bebas Bisphenol-A (BPA) yang berisiko untuk bayi. Yakinkan botol-botol itu telah disterilkan atau minimum dicuci dengan air hangat bersih. Jauhi meletakkan ASIP dalam botol sekali gunakan yang memanglah tidak ditujukan untuk penggunaan berulang. Botol spesial penyimpan ASI umumnya bisa dibeli di toko peralatan bayi.

Berikan label pada botol yang bertuliskan jam serta tanggal ASI diperah. Bila ASIP diletakkan berbarengan dengan botol ASIP anak beda ditempat penitipan bayi atau dengan rekan sekantor, beri nama pada labelnya juga.

Dalam perjalanan membawa ASIP dari satu tempat ke tempat beda, umumnya botol ASIP bisa diletakkan didalam tas isolasi spesial atau cooler. Ibu-ibu pekerja umumnya memeras ASI ditempat kerja serta lalu membawa botol-botol ASIP pulang ke tempat tinggal dalam tas cooler. Sesaat bila diletakkan dalam almari pendingin, tempatkan botol-botol ASIP di bagian paling dingin, yakni dibagian paling belakang freezer. Awalilah ambil persediaan ASIP dimulai dari yang paling dulu diperas.

Berapakah lama ASIP bisa bertahan?

Ketahanan ASIP tergantung pada letak ASI perah itu disimpan.

  1. ASI yang barusan diperah bisa bertahan dalam suhu ruangan sampai 4 jam.
  2. Bila disimpan dalam wadah tertutup dengan kantong es, ASIP bisa bertahan sampai 24 jam.
  3. ASIP yang disimpan dalam almari pendingin bisa bertahan sampai 3 hari.
  4. Sesaat bila disimpan dalam freezer, ASIP bisa bertahan sampai 6 bln..

Hal yang butuh diingat yaitu semakin lama ASIP disimpan, jadi semakin banyak vitamin C yang hilang dari susu. Buang ASIP yang telah melalui batas saat penyimpanan untuk hindari resiko.

Bagaimana caranya memanaskan ASIP?

Botol ASIP yang disimpan dalam almari pendingin bisa diletakkan terlebih dulu dalam mangkuk diisi air hangat sebelumnya diberi pada bayi. Tetapi jauhi memasukkannya kembali kedalam almari es sesudah dihangatkan. Jauhi memakai microwave atau merebus untuk memanaskan ASIP karna bisa mengakibatkan kerusakan kandungan vitamin di dalamnya serta juga akan merasa sangat panas untuk mulut bayi.

Berapakah jumlah ASIP yang perlu disediakan?

Hal semacam ini begitu tergantung pada keperluan bayi. Keperluan ASI pasti bertambah sesuai sama umur bayi. Jumlah ini lalu juga akan berangsur alami penurunan sesudah bayi mulai konsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) pada umur 6 bln. ke atas.

Memberi ASI perah pada bayi bisa dikerjakan baik dengan botol ataupun cangkir spesial bayi (cup feeder). Tetapi bila sang ibu telah ada dengan bayi, baiknya tetaplah keadaankan bayi untuk segera menyusu untuk merangsang kelancaran produksi air susu ibu. ASI perah yang dikelola dengan baik bisa jadi jalan keluar untuk ibu pekerja yang menginginkan selalu memberi ASI pada buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *