TAHI LALAT TANDA-TANDA TUMOR JINAK

Adanya tahi lalat atau bagian tubuh tertentu ataupun bagian wajah adalah hal yang di anggap normal dan biasa bagi banyak orang. Tahi lalat adalah bintik kecil yang mempunyai warna coklat, kehitam-hitaman atau juga ada yang meyerupai warna kulit. Tahi lalat sendiri terbentuk karena terjadi pengelompokan sel-sel penghasil zat warna pada kulit yang berwarna melanosit. Pada umumnya Bentuk dari tahi lalat ada yang bulat, lonjong , menonjol, ataupun datar. Tekstur tahi lalat bervariasi, ada yang kasar atau halus, bahkan beberapa ada yang ditumbuhi rambut.
tahi lalat
Mayoritas tahi lalat sudah ada sejak lahir, namun bisa juga tiba-tiba muncul pada saat sudah dewasa. Tahi lalat dapat disebut tumor jinak di kulit yang sering dijumpai pada individu. Memang, kondisi kulit tersebut tidak berbahaya. Tapi, sebagian tahi lalat dapat berubah jadi kanker.

Tahi lalat yang tumbuh sejak lahir atau tanda lahir normal biasanya berwarna merata bernuansa kecokelatan, biru-keabuan (mongolian spot), noda kemerahan (salmon patches), keunguan (hemangioma), atau hitam legam. Orang-orang berkulit gelap cenderung memiliki tahi lalat yang berwarna lebih gelap daripada mereka yang berkulit putih. Tanda lahir normal umumnya berdiameter kurang dari 6 milimeter (selebar penghapus di ujung pensil). Tahi lalat ini dapat menyatu rata dengan kulit atau timbul terangkat, bahkan bisa disertai pertumbuhan rambut. Bentuknya bisa bulat sempurna atau oval. Setelah tahi lalat berkembang, biasanya akan tetap memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang sama selama bertahun-tahun. baca juga obat kutil kelamin wanita

Orang-orang memiliki kulit gelap sering kali mempunyai tahi lalat berwarna lebih gelap di banding mereka yang memilikio kulit putih. Tahi lalat normal pada umumnya berdiameter dari 6 milimeter. Tahi lalat tersebut dapat menyatu dengan warna kulit ataupun timbul terangkat, bahkan dapat di tumbuhi rambut. Bentuknya dapat bulat sempurna atau lonjong. Setelah tahi lalat mengembang, sering kali akan tetap mempunyai warna, ukuran, dan bentuk yang sama sampai bertahun tahun.

Sebagian tahi lalat normal mungkin dapat berkembang selama masa pertumbuhan, menjadi gelap pada ibu yang mengandung, atau hilang pada usia 50 tahun ke atas karena respon pada hormon. Saat anda mencapai umur dewasa, kemungkinan bagi anda untuk mempunyai 10 buah atau bahkan lebih tanda lahir pada tubuh. Alangkah baiknya periksakan ke ahli medis bila terdapat tahi lalat baru yang muncul. Karena hal tersebut dapat menjadi tanda-tanda tumor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *